PROPOSAL PENELITIAN

PENGARUH TINGKAT KESEJAHTERAAN STAF PERPUSTAKAAN IPB TERHADAP KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN IPB

Oleh : Ir. Rita Komalasari

ABSTRAK RENCANA PENELITIAN

Penelitian ini akan mempelajari pengaruh tingkat kesejahteraan staf perpustakaan IPB terutama staf Bidang Pelayanan terhadap kualitas Layanan Perpustakaan. Penelitian ini mengambil data dengan responden staf Bidang Pelayanan Pengguna sebanyak 28 orang. Penelitian ini merupakan langkah awal untuk penelitian Perpustakaan berikutnya, untuk memperoleh informasi terkait yang bertujuan meningkatkan layanan prima di Perpustakaan IPB.

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Layanan Perpustakaan dapat diibaratkan sebagai ujung tombak bagi perpustakaan yang mampu menjadi cerminan kualitas perpustakaan. Baik buruknya suatu perpustakaan dapat dinilai dari kualitas layanan yang diberikan dan disediakan oleh pengelola Perpustakaan. Saat ini diakui bersama bahwa layanan perpustakaan di IPB belum dapat memberikan layanan prima bagi pemustaka. Padahal layanan prima menjadi salah satu komponen penting dalam mewujudkan visi dan misi perpustakaan, yang pada akhirnya mampu mewujudkan Perpustakaan bertaraf Internasional.  Perpustakaan bertaraf internasional menjadi salah satu pendukung  visi dan misi Institut Pertanian Bogor dalam meraih predikat World Class University. Jadi antara Institut Pertanian Bogor, Perpustakaan bertaraf Internasional dan layanan prima, adalah satu mata rantai yang saling berkaitan erat, saling terikat dan saling mempengaruhi satu dengan lainnya. Layanan prima, jika dikaitkan dengan kesejahteraan staf perpustakaan, tentunya saling berkaitan. Sejauh mana ketekaitannya akan dilakukan penelitian guna mendapatkan nilai yang mendekati kebenaran, sehingga permasalahan yang ada dalam mewujudkan layanan prima dapat diurai dan dicarikan solusinya.

Tujuan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis dan hubungan spesifik tertentu dan mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan staf perpustakaan  IPB, terutama staf bidang Pelayanan terhadap kualitas layanan yang diberikan kepada pemustaka di Perpustakaan IPB (Bogor Agricultural University Library).

WAKTU

Penelitian direncanakan dalam waktu 2 bulan, dimulai dari 24 April hingga 24 Juni 2010.

METODE DAN PROSEDUR PENGUMPULAN DATA

Dalam penelitian ini, dibutuhkan data yang akurat. Data diperoleh melalui berbagai sumber data, yaitu data primer yang diperoleh melalui kuisioner isian, serta data sekunder yang diperoleh dengan studi pustaka dari buku-buku/literatur yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian dilakukan dengan rancangan percobaan dengan variabel yang dianalisa adalah jumlah penghasilan dan umur responden. Selanjutnya data kuisioner yang masuk, akan dianalisa dan diolah dengan metode ANOVA.

TEMPAT PENELITIAN

Penelitian dilaksanakan di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (Bogor Agricultural University Library)

ANGGARAN BIAYA PELAKSANAAN:

NO. URAIAN VOLUME JUMLAH RP
Proposal 1 1 100.000,-
Pembuatan instrumen kuisioner 1 paket 1 paket 100.000,-
Perbanyakan kuisioner 30 paket 30 paket 30.000,-
Pengolahan data 1 paket 1 paket 500.000,-
Perbanyakan makalah 4 x 20 lbr 4 jilid 50.000,-
Honor pengisian kuisioner 28 orang Rp RP 25.000,- 700.000,-
ATK 1 paket 1 paket 100.000,-
Lain-lain 100.000,-
total 1.680.000,-

Terbilang : # Satu Juta Enam ratus delapan puluh ribu rupiah#

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.